Fungsi RANK
Fungsi RANK adalah merupakan salah satu fungsi dari bagian Statistik
dalam Microsoft Excel yang bertujuan atau menghasilkan nomor urut suatu
nilai dalam suatu daftar nilai. Penggunaan fungsi RANK cocok untuk
diaplikasi dalam memberikan peringkat (Ranking) daftar nilai siswa.
Bentuk umum dari Fungsi RANK adalah
=RANK(number,ref,order)
Keterangan:
- Number: Nilai siswa (alamat cel) yang akan dicari nomor peringkatnya,
- Ref: Semua daftar nilai siswa yang akan diurutkan dan berfungsi sebagai bahan pembanding,
- Order: Nilai yang menentukan bagaimana bentuk urutan, ada dua pilihan dalam order, yaitu: 0-Ascending: Excel akan mengurutkan nilai tertinggi pada urutan 1, dst. Dan 1-Ascending: maka excel akan mengurutkan nilai terkecil sampai ke tertinggi.
Sebagai contoh, Anda memiliki nilai siswa yang ingin diberikan peringkat dengan data hasil belajar siswa sebagai berikut:
Selanjutnya pada urutan siswa pertama Anda masukkan fungsi RANK dengan rumus:
=RANK(C2;C2:C16;0)
Number: C2
Ref: C2:C16
Order: 0
Sebagai catatan, pada bagian Ref: C2:C16 adalah daftar nilai tetap dan
pembanding maka pada cell ini harus dikunci dengan cara menekan F4,
sehingga C2:C16 menjadi $C$2:$C$16, sehingga secara lengkap fungsinya
berubah menjadi:
=RANK(C2;$C$2:$C$16;0)
Sehingga diperoleh hasil secara keseluruhan, sebagai berikut:
Fungsi COUNTIF
Fungsi COUNTIF adalah fungsi yang digunakan untuk menghitung jumlah cell yang berisi data dengan kriteria tertentu dalam suatu range.
Bentuk fungsi:
=COUNTIF(range;kriteria)
Keterangan:- Range adalah 1 atau lebih cell yang akan dihitung data numerik, nama range, array, atau rumus yang berisi data. Namun untuk cell kosong akan diabaikan.
- Kriteria adalah argumen yang berisi kriteria yang akan diuji, berisi rumus, alamat cell, atau teks yang mewakiliki kriteria.
Perhatikan gambar
Misalkan kita ingin menghitung berapa jumlah mahasiswa yang lulus dan tidak lulus berdasarkan data hasil belajar dalam bentuk nilai (Angka, gambar: kolom C), untuk menghitung jumlah tersebut dapat menggunakan fungsi COUNTIF, dengan cara, sebagai berikut:
- Misalkan dengan data Hasil belajar (Nilai) dikategorikan
- Lulus: 70-100 atau dalam excel dituliskan >=70
- Tidak Lulus: 00 - 69,99 atau dalam excel dituliskan >70
- Perhatikan gambar hasil (di bawah ini), tuliskan rumus:
- Pada cell C13, masukkan rumus untuk menghitung jumlah mahasiswa yang lulus dengan kategori nilai >=70 =COUNTIF(C3:C12;">=70"), enter!
- Pada cell C14, masukkan rumus untuk menghitung jumlah mahasiswa yang tidak lulus dengan kategori nilai <70 =COUNTIF(C3:C12;"<70"), enter!
- Diperoleh hasil masing-masing (lulus dan tidak lulus) berjumlah 5
- Selesai
- Tempatkan hasil perhitungan pada kolom D, mulai di baris 15
- Rumus yang digunakan untuk masing-masing kategori, yaitu
- Nilai Huruf A, pada cell D15: =COUNTIF(D3:D12;"A")
- Nilai Huruf B, pada cell D16: =COUNTIF(D3:D12;"B")
- Nilai Huruf C, pada cell D17: =COUNTIF(D3:D12;"C")
- Nilai Huruf D, pada cell D18: =COUNTIF(D3:D12;"D")
- Nilai Huruf E, pada cell D19: =COUNTIF(D3:D12;"E")
- Hasilnya,masing-masing A=1, B=2, C=2, D=3, dan E=2 atau seperti yang ditunjukkan gambar
- Selesai
Chart
Berfungsi untuk menyisipkan atau menampilkan chart wizard untuk pembuatan Graphic di document anda. ada berbagai macam chart yaitu Column, Line, Pie, Bar, Area, X Y (Scatter), Stock, Surface, Doughnut, Bubble dan juga rada.
Komentar
Posting Komentar